Sabtu, 24 Desember 2011

Pelestarian Hutan


Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar diseluruh penjuru dunia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan umat manusia. Segala aktifitas manusia ditunjang dengan hutan, menghasilkan oksigen dan mengikat carbon Monoksida
adalah salah satu fungsi hutan dengan mengurangi polusi udara.
Sepatutnya setiap insan menjaga dan melesteraikan hutan karena pada prinsipnya hutan merupakan salah satu sumber kehidupan dan banyak dimanfaatkan oleh manusia, mulai dari tempat tinggal manusia tidak terlepas dari bahan baku kayu, buku atau kertas yang bahan bakunya juga kayu yang diantara itu adalah bersumber dari hutan.
Beberapa fungsi hutan yang begitu besar bagi kehidupan misalnya hutan bakau mencegah terjadinya abrasi, hutan juga berfungsi menyerap air sehingga mencegah terjadinya banjir, hutan mencegah terjadinya lonsor, hutan merupakan tempat binatang hidup karena hutan merupakan alam bebas bagi mereka dan masih banyak yang lain.
Namum, perlu disadari bahwa keberadaan hutan mulai berkurang dari tahun ke tahun. Penjarahan dan pembalakan liar yang marak terjadi serta oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan keadaan tersebut. Terlebih lagi regulasi yang tidak ketat dalam pelaksanaannya, bahkan pihak pembuat regulasi atau kebijakanpun yang ikut bermain didalamnya demi kepentingan individu.
Hutan mulai rusak, tidak terkendali serta meluasnya pemukiman masyarakat yang memungkinkan lahan hutan semakin berkurang pula karena dimanfaatkan oleh sebagaian masyarakat, mana lagi masalah kebakaran hutan dan lain sebagainya. Maka boleh dikata fungsi hutan mulai berkurang pula.
Tidak heran ketika sedikit saja turun hujan maka akan terjadi banjir, longsor, abrasi dan banyaknya binatang yang ditemui di pemukiman masyarakat ketika banjir datang. serta  ter jugaPromosi Kesehatan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan derajat kesehatannya.
Inilah yang diupayakan bagi orang yang sadar lingkungan serta keberlangsungan kehidupan yang akan datang bagi anak cucu kita dalam menjaga dan melestarikan hutan agar tetap sehat atau mempromosikan hutan agar tetap terjaga.
Hutan yang sehat memungkinkan manusia untuk sehat, dan hutan yang sehat tergantung manusia. Olehnya itu mulai dengan hal yang kecil yaitu segala sesuatu aktifitas didasari atas prinsip efisien dan efektif. Gunakan secukupnya dan yang dibutuhkan sehingga eksploitasi dari bahan baku hutan bisa diminimalisir.

Tidak ada komentar: